Senin, 04 Februari 2019

7 TANDA MEREKA YANG PEMIKIRANNYA SUDAH "OUT OF THE BOX"


Pemikiran “Out of the Box” atau berpikir di luar kotak pertama kali diperkenalkan oleh Henry Ernest Dudeney, seorang matematikawan asal Inggris, melalui sebuah teka-teki yang dia ciptakan. Tak hanya Henry, Edward de Bono juga menyebutkan bahwa berpikir di luar kotak sebagai cara berpikir lateral. Kamu tak akan bisa menemukan sesuatu yang baru, sesuatu yang tak pernah kamu temuai sebelumnya, sesuatu yang belum pernah dialami jika kamu masih saja berpikir dengan cara yang sama.

Nah berpikir Out of the Box ini juga dilakukan oleh mereka yang kreatif. Tak hanya bisa dilihat dari ide-idenya yang cemerlang, mereka yang kreatif dan selalu berpikir Out of the Box juga memiliki kepribadian yang unik. Tanda-tandanya bisa kamu lihat dari 8 hal ini, atau mungkin kamu salah satu dari mereka?

1. Penuh dengan imajinasi

Orang-orang yang bisa disebut kreatif adalah mereka yang mempunyai daya imajinasi, dimanapun mereka berada. Saat melihat suatu hal, mereka akan melihatnya secara mendetail yang kemudian bisa memunculkan imajinasi dan ide-ide baru. Jika kamu adalah orang yang mudah berimajinasi dan memunculkan ide baru, fix kamu adalah orang yang kreatif!

2. Rasa ingin tahu yang tinggi

Mereka yang memiliki pemikiran Out of the Box, rasa ingin tahu yang tinggi menjadi salah satu cirinya. Rasa ingin tahu yang tinggi membuat mereka mencari solusi dan berbagai macam kiat untuk mewujudkan apa yang mereka ingikan. Saat mereka mempunyai rencana, mereka akan mencari informasi sebanyak mungkin dengan melalui berbagai macam cara.

3. Tak mudah terpengaruh

Berpikir di luar kotak artinya berpikir berbeda dengan yang lainnya. Saat banyak orang berpikir untuk melakukan cara A, mereka yang berpikir di luar kotak tidak akan terpengaruh. Mereka akan mencari jalan lain yang menurut mereka benar dan sesuai dengan apa yang mereka pikirkan atau yang ingin mereka capai. Meskipun banyak saran untuk melakukan cara A, mereka tak akan terpengaruh.

4. Mencari cara efektif

Selain tak mudah terpengaruh oleh pemikiran orang lain, mereka selalu berusaha untuk mencari cara paling efektif dengan hasil yang positif. Mencari jalan lain yang -mungkin- tak terpikirkan oleh kebanyakan orang. Cara efektif yang bisa menghasilkan lebih banyak namun mudah untuk dilakukan. Memikirkan berbagai cara dan kemungkinan untuk meraih apa yang mereka inginkan.

5. Pantang menyerah

Bagi mereka, kegagalan bukan menjadi alasan untuk menyerah. Ketika rencana A belum membuahkan hasil, mereka masih punya rencana B hingga Z yang siap untuk direalisasikan. Mereka akan berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkan apa yang mereka inginkan dengan banyak cara yang tak terduga sebelumnya.

6. Spontan dan fleksibel

Iya, mereka adalah orang-orang fleksibel yang nggak pernah ribet tentang suatu ide. Karena memang kepala mereka dijejali dnegan banyak imajinasi dan ide kreatif yang siap untuk ditumpahkan. Mereka biasa mengeluarkan ide secara spontan. Bahkan ketika ngobrol biasapun tanpa sadar banyak ide-ide segar yang telah mereka ungkapkan.

7. Punya banyak sudut pandang

Salah satu tanda yang paling bisa diamati dari mereka yang berpikir di luar kotak, mereka punya banyak sudut pandang ketika menentukan sebuah pilihan. Kemampuan melihat dari banyak sudut pandang ini tak lepas dari pengalaman dan kebiasaan mereka yang sering melihat suatu hal secara “berbeda”. Mencerna sesuatu dari banyak sisi yang kemudian disaring menjadi sebuah ide baru yang cemerlang, inilah keahlian mereka yang berpikir out of the box!

Nah itulah 7 tanda yang bisa kamu amati dari mereka yang sering berpikir di luar kotak.

Atau mungkin kamu salah satu dari mereka?

sumber: inovasee.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar