Kamis, 10 Januari 2013

LANGKAH SEBELUM MENJADI CALEG

Selain 7 (tujuh) langkah yang sudah pernah kami posting sebelumnya, sebenarnya ada beberapa langkah lain yang bisa dilakukan, jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan Pemilu, terutama menghadapi Pemilu 2014.


Beberapa langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut :

Pertama, berinteraksi di dunia maya (internet) sesering mungkin, baik melalui facebook, twitter, blog ataupun yang lainnya. Masuklah dalam semua komunitas atau grup yang bersifat positif. Untuk mempermudah orang lain mengenal anda, bisa anda pasang foto yang simpel, dalam artian bahwa ketika orang melihat foto anda, orang tsb akan dengan mudah ingat sama anda. Kalau perlu tampilkan foto yang agak sedikit “aneh” misalnya foto lucu, foto bareng Barrack Obama, ataupun yang lainnya. Tapi jangan sekali-kali terlihat sangat narsis.

Kedua, sering-seringlah ikut acara sosial atau kemasyarakatan di lingkungan anda. Kalau anda orang kaya, tidak ada salahnya sering memberi bantuan sosial ke orang-orang yang membutuhkan, seperti bantuan kepada orang miskin.  Sementara untuk kegiatan kemasyarakatan, anda bisa ikut segala aktivitas yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Misalnya, anda bisa aktif di acara gotong royong desa, acara peringatan 17-an, atau jadi panitia Maulid, atau acara lainnya yang berdampak langsung mendongkrak “popularitas” anda di lingkungan anda.

Ketiga, masuklah organisasi yang berorientasi pada kemaslahatan masyarakat, seperti anggota LSM atau Ormas. Jangan masuk Ormas terlarang. Selain itu, bisa aktif dalam organisasi olah raga yang disukai banyak orang. Tak peduli anda tidak suka sepakbola, sebaiknya anda ikut aktif dalam kegiatan sepakbola di lingkungan anda. Beruntung kalau anda terpilih jadi Manager Tim Sepakbola di kota anda.

Keempat, bina hubungan baik dengan insan pers. Beruntung sekali kalau setiap ada moment penting atau kejadian yang menjadi perhatian publik, wartawan akan sealu meminta opini atau pendapat anda. Hubungan dengan rekan-rekan wartawan, memang gampang-gampang susah. Bukannya mereka menyulitkan, tapi harus ada trik-trik tersendiri, agar mereka tidak merasa anda “sangat” membutuhkan tulisan mereka tentang opini atau pendapat anda. Inti dari hubungan baik dengan pers adalah agar anda selalu diekspos di media.

Kelima, manfaatkan moment-moment penting untuk menampilkan diri anda.Jangan pelit dana untuk menyumbangkan sebuah Papan Bunga Ucapan Selamat. Manfaatkan moment penting untuk mengirimkan papan bunga, misalnya peresmian kantor baru sebuah perusahaan asuransi di kota anda. Atau selamat untuk pengantin baru anak seorang Pejabat di kota anda. Toh Cuma Rp 300.000,- tidak mahal. Selain itu juga, jangan lupa pasang baliho ucapan selamat pada acara-acara resmi di wilayah anda, atau minimal spanduk seharga Rp 150.000,-.  Kalau anda termasuk orang “berada” silahkan pasang iklan di media terkemuka. Cara-cara seperti ini mungkin terlihat narsis, tapi abaikan saja.
Ohya, bagi anda yang bekerja di perusahaan yang berhubungan dengan banyak orang, boleh memasang baliho kegiatan sosial atau yang lainnya.

Beberapa trik di atas, mungkin lebih kepada sisi mempekenalkan diri kepada masyarakat, tapi anda harus ingat, kalau tidak dikenal, jangan harap orang akan memilih anda.

Mukhlis Aminullah, pemerhati politik, mantan Anggota KPU Bireuen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar