Selasa, 02 Juni 2009

CATATAN ULANG TAHUN

Apa arti angka 36 bagi anda...?
Tidak perlu anda jawab, karena ini buka kuis mata kuliah di kampus. Dan yang pasti adalah beragam jawaban yang akan muncul, tergantung pada diri anda masing-masing. Bisa saja angka 36 tidak berarti apa-apa bagi anda......
Nah, bagi saya angka 36 itu penting, terutama hari kemarin.... Bagaimana kisahnya..?
Jum'at, tanggal 1 Juni 1973 orangtua saya memulai sebuah catatan penting dalam mengarungi kehidupan. Saya adalah putra pertama dari pasangan Bpk Aminullah Amin dengan Ibunda Aisyah Umar. Dari merekalah saya mengetahui angka 36 itu dimulai. Hari demi hari, bulan demi bulan, tahun demi tahun terus berlalu sampai saya harus mencatat sendiri angka-angka itu.... Beruntung, setelah saya berkeluarga, isteri dan anak-anak saya tak lupa mencatat perubahan angka-angka itu. Walaupun hanya setahun sekali.....

Setiap tahun ketika saya harus melewati tanggal 1 Juni, saya mendapat hadiah yang berbeda dari isteri dan anak-anak saya. Namun, satu hal yang tidak berbeda adalah saya selalu merenungi pertambahan usia itu dan memaknainya dengan rasa syukur kepada Allah SWT. Tidak dengan pesta ataupun tiup lilin gaya Amerika, namun cukup dengan sujud syukur sebagai tanda berterima kasih pada Sang penguasa semesta alam.

Bagaimana dengan hadiah tahun ini....? Ini dia ceritanya.
Saya pulang dari Banda Aceh mengikuti pelatihan Calon Fasilitator hari Minggu siang. Tiba dirumah sudah jam 21.30 wib menjelang penggantian hari. Saya disambut dengan pelukan hangat dua anak saya sambil mengucapkan selamat ulang tahun.... Betapa terharunya moment itu. Rasa capai setelah menempuh perjalanan dari Banda Aceh, hilang seketika.....
Apalagi ruang tamu rumah kami yang sempit sudah dihiasi dengan bunga kertas karya mereka. Sederhana, namun punya makna mendalam..... (Terima kasih anak-anak, ayah sayang banget sama kalian).

Hadiah dari ibunya anak-anak apa? Sengaja dari tadi belum saya sebutkan, karena ingin saya tulis pada akhir cerita ini.....

Ibunya Fildza & Mazaya memberi hadiah kejutan yang luar biasa. Bukan dompet, bukan celana, bukan tali pinggang maupun dalam bentuk barang-barang lainnya. Sesuatu yang luar biasa adalah ketika menjelang penggantian menit menuju 00.00 wib malam tanggal 1 Juni 2009 adalah saat dia memberikan sebuah hasil tes kehamilan yang menunjukkan Positive. Wow......
Sungguh saya sangat berbahagia. Saya membayangkan, seakan-akan dia sudah lahir saja. Seorang bayi kecil, laki-laki atau perempuan, tidak masalah. Yang saya bayangkan adalah pipinya pasti berisi seperti kedua kakaknya.

Sejak kemarin, saya terus menghitung waktu..... menghitung berapa ya kira-kira sisa usia saya.. ataupun berapa lama lagi si bayi mungil saya bakal lahir.... Mari kita nantikan, karena sebagai hamba, kita hanya bisa berharap diberi umur panjang, diberi anak-anak yang sehat, diberi isteri shalihah, diberi rezeki yang halal, dan sebagainya.
Terima kasih, Tuhan. Semoga rahmat-Mu terus berlanjut ya Allah..........

Mukhlis Aminullah, berdomisili di Bireuen, Aceh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar