Rabu, 21 Januari 2009

MODAL MEMASUKI DUNIA KERJA



Saya ingin berbagi pengalaman dengan Anda.
Saya menamatkan Perguruan Tinggi, Sarjana Ekonomi, pada umur 23 Tahun. Pada saat itu, tahun 1996, menjadi Sarjana merupakan kebanggaan tersendiri bagi saya (dan keluarga) dengan asa besar bahwa saya akan menjadi ikon dan contoh teladan bagi adik-adik sehingga mereka termotivasi untuk menamatkan kuliah.
Sebagai anak pertama dalam keluarga, saya dituntut "harus sukses" agar bisa membimbing adik-adik saya yang berjumlah 4 (empat) orang.
Nah, dengan keharusan seperti itu, mendapatkan pekerjaan yang layak adalah cita-cita yang "harus" saya gapai. Dan saya adalah tipe pekerja keras, artinya saya bukanlah orang yang suka duduk manis menunggu tercapainya cita-cita. Pada tahun pertama semenjak tamat kuliah, saya tetap tinggal di Banda Aceh. Kegiatan saya selain bergelut di organisasi, adalah menjadi pedagang martabak di Darussalam. Tentu saja, saya selalu berusaha untuk mendapatkan pekerjaan formal......
Instansi demi instansi menerima amplop lamaran kerja saya. Dan beberapa diantaranya berkenan membalas surat lamaran, walaupun tetap dengan kesimpulan yang sama : TIDAK ADA LOWONGAN....!
Namun saya tidak patah semangat, lamaran demi lamaran terus saya layangkan, sampai suatu ketika saya ditantang oleh Saudara saya untuk merantau ke Jambi tahun 1998. Nah,.... berangkatlah saya ke Jambi, dengan harapan di Jambi nasib saya akan berubah.

Ketika itu saya tidak mempunyai skill apapun, selain sedikit ilmu ekonomi yang saya dapatkan di kampus dan cara bicara saya yang komunikatif. Lain tidak....!

Sama seperti di Aceh, pada awalnya saya kesulitan mendapatkan pekerjaan. Persaingan pada bursa tenaga kerja sungguh berat, apalagi saat itu Indonesia adalah salah satu negara yang paling parah terkena dampak krisis Moneter. Walaupun pada akhirnya sayakan menadapatkan pekerjaan, namun saya harus berjuang tiada henti. Dan saya harus memulai "petualangan" di Jambi dengan menjadi Karyawan Plywood selama beberapa bulan, sebelum akhirnya saya dapatkan pekerjaan yang lumayan.

Begitulah....kisah itu saya rekam dengan baik dalam memory saya dan saya jadikan pelajaran sekaligus pengalaman untuk saya pribadi....! Dengan suatu kesimpulan bahwa untuk mendapatkan pekerjaan haruslah dengan bekerja keras dan selalu memperbaiki diri ke arah yang lebih baik.....

Dan ketika saya habis masa jabatan sebagai Anggota KPU Bireuen, beberapa waktu yang lalu, saya tidak terlalu "panik" untuk segera mendapatkan pekerjaan baru. Saya terus berusaha dengan kepercayaan diri yang tinggi, bahwa dengan skill yang saya miliki saat ini, saya pasti akan mendapatkan pekerjaan yang layak. Cepat atau lambat...., dan tentu saja dengan selalu berdo'a kepada Sang Maha Pencipta agar dimudahkan....

Untuk Anda; adik2 yang sedang bersaing (akan bersaing) dalam bursa Tenaga Kerja, dapat kiranya mengambil hikmah dari kisah saya di atas. Bahwa untuk menang dalam persaingan di dunia kerja dan menjadi orang yang diandalkan, Anda perlu menguasai 7 keterampilan penting, yaitu sebagai berikut :

1. Komunikasi

Menurut Ruth Prochnow, konselor karier di University of Denver Career Center, komunikasi lisan dan tertulis sangat penting di lingkungan kerja. Meski Anda telah memiliki keahlian dan kemampuan dalam suatu bidang, belum lengkap tanpa adanya kemampuan berkomunikasi yang baik.

Pasalnya, keterampilan komunikasi secara personal sangat dibutuhkan dalam memuluskan tugas, seperti mengungkapkan ide, negosiasi, presentasi, lobbying, maupun networking.

2. Teknologi

Di masa kini, penguasaan teknologi tidak hanya dibutuhkan oleh mereka yang bekerja di bidang tertentu, seperti IT. Untuk orang yang bekerja di bidang nonteknis pun keterampilan dalam hal teknologi sangat penting. Dunia kerja sekarang menuntut Anda bekerja secara efektif dan efisien. Dan teknologi menjadi alat yang memungkinkan Anda melakukan hal itu.

3. Kepemimpinan

Dengan memiliki keterampilan kepemimpinan Anda dapat menghadapi orang lain lebih efektif. Keterampilan tersebut meliputi keterampilan dalam menilai orang lain, berkomunikasi, memotivasi, dan menyesuaikan diri. Beberapa tahun terakhir ini banyak perusahaan yang mencari kepemimpinan pada setiap level organisasi.

4. Kerja Tim

Mereka yang bisa bekerja dalam tim lebih banyak dicari daripada mereka yang terbiasa bekerja sendiri. Anda yang bisa bekerja dalam tim dianggap dapat menjalin hubungan baik dengan rekan kerja, memenuhi deadline, dan bersedia membantu penyelesaian proyek.

5. Mandiri

Di sisi lain, karyawan sekarang juga dituntut untuk dapat bekerja secara mandiri. Keterampilan ini dibutuhkan ketika Anda dihadapkan pada situasi yang mengharuskan Anda mengandalkan kemampuan sendiri.

6. Adaptasi

Di masa yang tidak pasti seperti sekarang ini, Anda dituntut untuk gampang beradaptasi dengan lingkungan dan perubahan yang terjadi. Mereka yang mampu beradaptasi tak akan pernah merasa gagap menghadapi situasi mengejutkan dan dapat bekerja secara optimal.

7. Manajemen Waktu

Industri saat ini bekerja sangat cepat. Makanya, yang dibutuhkan adalah orang-orang yang dapat bergerak sama cepatnya. Untuk dapat bergerak seirama dengan perusahaan, Anda mesti memiliki keterampilan manajemen waktu yang baik sehingga Anda bisa bekerja sesuai target yang dikehendaki.

Semoga uraian di atas menjadi inspirasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar