Jumat, 24 Oktober 2014

KREDO FASILITATOR, NILAINYA BAGI SAYA

Bulan Oktober 2014 ini saya menulis lembaran baru dalam hidup saya. Bukan buku baru, tapi lembaran baru pada buku lama. Insya Allah, saya masih bekerja sebagai Fasilitator Masyarakat PNPM Mandiri Perdesaan, hanya saja saya harus pindah lagi lokasi tugas. Semula saya menempati pos sebagai Fasilitator Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen, sekarang menempati pos baru sebagai Fasilitator Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah. Pindah antar Kabupaten. Secara pribadi perpindahan kali ini ada konsekwensinya yaitu saya harus berjauhan (lagi) dengan keluarga. Bertemu keluarga, hanya akan saya jalani pada akhir pekan. Pulang pergi sejauh 104 KM,tentu saja bukan jalan keluar yang baik. Selain tidak sanggup secara fisik, ada hal lain yang sudah lama tidak sempurna saya jalani.

Sebagai seorang Fasilitator Masayarakat, selama bertugas di Bireuen, saya secara otomatis pulang pergi ke lokasi tugas,di Kecamatan Kota Juang (3 tahun) dan di Kecamatan Jeumpa (1 tahun 3 bulan). Nilai lebih pemberdayaan, walaupun terpenuhi, tetapi tidak sempurna saya capai. Mengapa?  Seorang
Fasilitator Masayarakat, haruslah sepenuhnya tinggal di lokasi tugas. Hidup bersama masyarakat adalah salah satu kredo yang harus dijunjung tinggi.

Bagaimana di Pegasing? Saya belum tahu pasti 100%.  Namun saya sudah bisa membayang, nilainya akan lebih dibandingkan ketika saya bertugas di Bireuen. Di Pegasing, Aceh Tengah saya tidak akan pulang ke rumah. Saya akan tinggal di lokasi tugas. Saya berharap akan bersama-sama masyarakat dalam memberdayakan mereka. Saya akan bermusyawarah secara langsung dengan masyarakat. Saya akan mengajak mereka membangun kampungnya. Saya akan membimbing mereka sambil terus belajar bersama mereka. Saya ingin berbagi dengan mereka. Dengan totalitas yang lebih, dibandingkan ketika saya bertugas di Bireuen, kampung saya sendiri.

Keinginan saya ini, adalah cerminan kredo fasilitator yang "wajib" difahami oleh seluruh fasilitator PNPM.  Mari kita ingat-ingat lagi.


KREDO FASILITATOR 

Pergilah kepada masyarakat
Tinggalah bersama mereka
Cintailah mereka
Layanilah mereka
Belajarlah dari mereka
Belajarlah sambil belajar bersama mereka
Mulailah dengan apa yang mereka miliki
Buat rencana bersama mereka
Ajarilah mereka dengan memberi contoh


Sudah lama tidak saya baca. Semoga di tempat tugas yang baru, keinginan saya "menjaga" kredo ini tercapai hendaknya.

Salam hormat
Mukhlis Aminullah, Fasilitator Masayarakat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar