Kamis, 14 November 2013

KIAT MEMPERLAKUKAN ANAK SECARA ADIL

Memperlakukan anak tanpa disadari bisa berbeda satu sama lain. Meskipun merasa tidak ada maksud untuk membeda-bedakan antara anak yang satu dengan yang lainnya tapi terkadang perilaku atau perhatian yang diberikan bagi anak-anak dianggap tidak adil. Lantas perlakuan atau perhatian seperti apa yang bisa diberikan agar anak-anak tidak merasa diperlakukan seperti itu? Berikut adalah beberapa kiatnya.

Tidak membandingkan

Terkadang orang tua sering membandingkan kelebihan atau kekurangan yang dimiliki masing-masing anaknya baik melalui perkataan atau perlakuan yang diberikan. Agar anak tidak merasa kalau orang tuanya membandingkan dirinya, ada baiknya mencoba untuk mengingat dan menerima bahwa tiap anak memiliki kelebihan atau kekurangannya masing-masing.

Tidak memihak

Perilaku memihak dari orang tua juga akan mempengaruhi perasaan anak akan makna sebuah keadilan yang nantinya akan berdampak pada kehidupan anak di kemudian hari. Oleh karena itu, mulailah untuk tidak memihak pada satu anak karena apa yang sudah diberikan oleh anak tersebut pada keluarga. Usahakan untuk tetap memperlakukan anak secara adil dan anak pun bisa belajar bagaimana nantinya jika mereka menjadi orang tua.

Bersama dalam melakukan kegiatan keluarga

Cobalah untuk melakukan kegiatan bersama-sama dengan anak tanpa lebih dominan dengan satu anak. Dengan kebersamaan yang dilakukan maka rasa saling memiliki akan dirasakan oleh anak. Lakukan permainan yang akan membuat anak bisa saling menunjukkan kelebihan atau kekurangannya. Kegiatan seperti ini akan membuat anak merasa kalau orang tua mereka bisa menerima mereka apa adanya.

Berusaha menjadi contoh yang baik bagi anak

Untuk menjadi teladan memang tidak harus selalu dilakukan oleh orang yang lebih tua tetapi alangkah baiknya jika contoh itu diberikan oleh orang yang kita hargai. Ketika orang tua sudah menjadi sosok yang dihargai karena bisa menjadi teladan bagi anaknya dalam hal keadilan, maka anak pun akan meniru bagaimana seharusnya memperlakukan saudara atau orang lain nantinya.

Terbuka dengan anak

Cobalah untuk menanamkan rasa terbuka dengan anak. Dengan adanya forum seperti ini, tidak hanya anak yang akan terbuka pemikirannya tapi orang tua juga. Orang tua bisa mendengarkan isi hati anak begitu juga sebaliknya. Dengan keterbukaan yang ada, maka anak tidak akan berspekulasi dengan sendiri dan orang tua pun jadi tahu apa yang dirasakan oleh anaknya dengan perkataan atau perilaku orang tuanya.

sumber: gemintang.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar