Selasa, 12 Juni 2012

9 TIPS MOTIVASI DIRI

Dalam hidup seseorang, pasti semua selalu merasakan suka duka menjalani hidup. Untuk menjalani segala tantangan dalam hidup ini kita harus mempunyai motivasi yang dapat membantu kita selalu bersemangat dalam beraktivitas, membantu memecahkan segala permasalahan, merubah nasib yang buruk, dan menghilangkan pemikiran yang membuat diri selalu merasa terpuruk.

Mari mulai memotivasi diri dengan melakukan hal sebagai berikut :

Pertama.
Kikis segala pemikiran yang tidak baik perihal orang lain, perkara, benda, dan situasi.Latih diri Anda untuk berpikiran (berprasangka) baik dan bertumpu pada nilai positif saja. Walaupun terlihat buruk tapi cobalah berprasangka baik agar kita juga mendapatkan pemikiran yang baik dan permasalahan juga ikut baik terhadap kita. Secara prasangka yang baik mempengaruhi otak untuk berpikiran positif sehingga segala yang rumit mudah terselesaikan dengan mudah

Kedua
Kendalikan perasaan dan emosi. Jangan biarkan perasaan mengendalikan pemikiran Anda.Dan jangan gunakan alasan karena keadaan yang mengundang emosi, itu sama saja meracuni pikiran. Memang ada juga faktor penyakit yang dapat menaikkan tingkat emosi seseorang namun disitulah dibutuhkan skill pengendalian emosi dan perasaan agar tidak merusak pikiran.

Ketiga
Zero mind process. Kosongkan kotak pemikiran dari perasaan sedih dan perasaan negatif apa pun itu. Benar –benar kosongkan sebagaimana Anda mengosongkan kantung saku anda....hehehe

Keempat
Perbarui pemikiran kita dengan pemikiran yang lebih rasional dan kreatif. Lebih baik mendengarkan lagu-lagu yang menggugah hati agar lebih bersemangat jangan mendengarkan lagu yang sendu dan bermakna suram karena dapat membuat perasaan terganggu kemudian mempengaruhi pikiran lagi. Hindari orang-orang yang selalu membunuh karekter pribadi , karena mereka lebih kejam daripada melukai fisik.Dekatilah orang yang selalu dapat menyenangkan hati dan memancarkan efek positif karena dapat menghidupkan sensor kreatifitas kita.

Kelima
Berbuat baik kepada siapa saja. Dengan menolong orang dan membuat jasa dapat mendatangkan ketenangan, ketentraman, menaikkan rasa hormat dan bangga diri. Tapi menolongnya harus dalam hal positif kalau mau dapat yang positif juga. Tidak rugi orang yang selalu berbuat kebaikkan.

Keenam
Coba dengarkan masalah orang lain dan coba memberi nasihat, atau pikirkan cara terbaik untuk membahagiakan dirinya. Secara tidak langsung hal ini akan melatih diri kita menjadi lebih matang dalam menghadapi segala permasalahan hidup.

Ketujuh
Buang perasaan negatif( takut,gugup,tak yakin, sangsi, ragu dan rendah diri) sekarang juga. Karena memelihara perasaan tersebut sama saja mematikan pemikiran yang seharusnya dapat berkembang dengan baik.

Kedelapan
Sepertinya kita mendapat masalah sebab kita jauh dari Tuhan. Masalah diberikan kepada kita supaya kita mendekantkan diri denganNya. Banyaklah beristigfar dan juga berdoa. Tak ada yang perlu disesali malah seharusnya diperbaiki segala yang konslet pada diri kita.

Kesembilan
Yang paling penting diingat,Tidak ada yang sempurna. Sesusah –susahnya diri kita, ada orang yang lebih susah daripada kita. Anda harus bersyukur (seperti lagu wajib bersyukurnya d’massive “Jangan Menyerah”) karena Anda masih punya pilihan untuk menyelesaikan masalah satu per satu.Pilih untuk menjadi orang yang senantiasa bermotivasi hari ini juga.

Trima kasih, dari segala sumber dunia maya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar